MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERHITUNG DENGAN BENDA-BENDA MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B TK PLUS DARUL HIKMAH KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SITI FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0235P

Abstract

Siti Fatimah, 2014. ”Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Berhitung Dengan Benda-Benda Menggunakan Media Tutup Botol Pada Anak Kelompok B TK Plus Darul Hikmah Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014” . Sripsi , PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan bahwa anak didik umumnya memiliki kemampuan kognitif masih rendah terutama dalam berhitung. Hal tersebut disebabkan penggunaan media belajar hanya dengan jari, tulisan guru di papan tulis dan di buku, sehingga kurang menarik minat belajar anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan berhitung dengan benda-benda menggunakan media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Plus Darul Hikmah Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2013/2014?” Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dengan subyek penelitian Anak Kelompok B TK Plus Darul Hikmah Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data unjuk kerja menggunakan lembar unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari setiap siklus. Rata- rata hasil belajar anak pada siklus I adalah 57,03%. Pada siklus II rata- rata hasil belajar meningkat menjadi 63,28% dan pada siklus III mencapai 81,25%. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 81,25%. Hasil ini sesuai dengan kategori ketuntasan belajar, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil Berdasarkan seluruh analisis serta pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan berhitung dengan benda-benda menggunakan media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Plus Darul Hikmah Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2013/2014. Sehingga disarankan bagi pendidik anak usia dini untuk lebih kreatif dan memberikan inovasi dalam memilih media pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik bagi anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI