MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENGENALAN WARNA DENGAN MEDIA BONEKA KANCING PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TUNAS HARAPAN KECAMATAN KANDAT
Author (Penulis)
SITI MORATUS SOLEHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0231P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Harapan Kecamatan Kandat melalui kegiatan pengenalan warna masih rendah. Hal tersebut disebabkan penggunaan media belajar yang hanya terbatas pada krayon dan kertas lipat, sehingga kurang menarik minat belajar anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan pengenalan warna dengan media boneka kancing dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Harapan Kecamatan Kandat”.
Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Harapan Kecamatan Kandat Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari setiap siklus. Rata-rata hasil belajar anak pada siklus I adalah 54,9%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 64,6% dan pada siklus III mencapai 80,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pengenalan warna dengan media boneka kancing dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Harapan Kecamatan Kandat Tahun Pelajaran 2013/2014 dikatakan berhasil.
Berdasarkan seluruh analisis serta pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui kegiatan pengenalan warna dengan media boneka kancing dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Harapan Tahun Pelajaran 2013/2014. Sehingga disarankan kepada pendidik anak usia dini untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media belajar pada kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak