MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN RODA PUTAR KELOMPOK A TK PERTIWI JAMPES KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NYUYUNG AMBOROWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0209

Abstract

ABSTRAK NYUYUNG AMBOROWATI, 12.1.01.11.0209 : Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Roda Putar Kelompok A TK Pertiwi Jampes Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan kemampuan kognitif mengenal bilangan masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan kurang menyenangkan. Hal tersebut nampak dari anak didik saat mengikuti kegiatan terlihat malas apalagi saat kegiatan mengenal angka yang pada akhirnya hasil belajarpun rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui permainan roda putar dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal bilangan pada anak Kelompok A di TK Pertiwi Jampes Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik TK Pertiwi Jampes Kecamatan Pace sejumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada Tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RPPH, RPPM, tehnik penilaian / tehnik pengumpulan data, lembar observasi anak, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kesimpulan pada Siklus I (1) mendapatkan hasil prosentase 47%, pada siklus II sudah ada peningkatan hasil prosentase yaitu mendapatkan hasil 51,7%, sedangkan pada Siklus III sudah sangat meningkat yaitu dengan diperoleh hasil prosentase 88,3%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) permainan roda putar dapat digunakan sebagai alternative media pembelajaran secara kognitif karena telah terbukti meningkatkan kemampuan mengenal bilangan angka 1-10 pada anak kelompok A (2) Hendaknya sekolah dapat memfasilitasi pembelajaran dengan menyediakan saran adan prasarana pembelajaran yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang optimal (3) Penelitian mengenai peningkatan kemampuan mengenal konsep bilngan 1-5 melalui media kartu angka ini masih dari sempurna. Kata kunci : kemampuan mengenal bilangan 1-10, permainan roda putar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI