MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR 1 – 5 KELOMPOK A TK PERTIWI PACEKULON KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NURUL WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0208
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan kurang menyenangkan. Hal tersebut nampak dari anak didik saat mengikuti kegiatan terlihat malas apalagi saat kegiatan mengenal angka yang pada akhirnya hasil belajarpun rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan pada anak Kelompok A.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik TK Pertiwi Pacekulon Kecamatan Pace sejumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada Tiga Siklus, menggunakan tehnik penilaian atai pengumpulan data, lembar penilaian siswa, lembar observasi anak, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kesimpulan pada Siklus I (1) mendapatkan hasil prosentase 51,7%, pada siklus II sudah ada peningkatan hasil prosentase yaitu mendapatkan hasil 66,7%, sedangkan pada Siklus III sudah sangat meningkat yaitu dengan diperoleh hasil prosentase 80%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Media kartu angka dapat digunakan sebagai alternative media pembelajaran secara kognitif karena telah terbukti meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan angka 1-5 pada anak kelompok A (2) Hendaknya sekolah dapat memfasilitasi pembelajaran dengan menyediakan saran adan prasarana pembelajaran yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang optimal (3) Penelitian mengenai peningkatan kemampuan mengenal konsep bilngan 1-5 melalui media kartu angka ini masih jauh dari sempurna, sehingga diharapkan untuk peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini lebih lanjut.