MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGHIAS TEMPAT PENSIL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BUDI UTOMO DESA KALIPANG KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

PRISKA AVIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0198

Abstract

ABSTRAK Priska Avianti : Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Kelompok B PAUD Budi Utomo Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD Budi Utomo Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ini masih lemah, yang artinya masih perlu adanya bimbingan dari guru. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menghias tempat pensil, yang mana kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : Apakah melalui kegiatan menghias tempat pensil dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B PAUD Budi Utomo Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan sampel anak kelompok B PAUD Budi Utomo Desa Kalipang yang terdiri dari 5 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil perolehan belajar anak dalam kegiatan menghias tempat pensil pada pra tindakan 40%, hal ini masih jauh dari kriteria ketuntasan sehingga diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar anak sebesar 40%. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 60%. Pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 80%. Nilai ketuntasan belajar anak pada siklus III sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menghias tempat pensil dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD Budi Utomo Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, sehingga hipotesis diterima. Kata kunci : motorik halus, menghias, tempat pensil.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI