MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN PAUD TUNAS PANJI KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SUMIATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0195

Abstract

ABSTRAK Sumiatun : Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok Bermain Paud Tunas Panji Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, agar metode bercerita tidak membosankan maka seiring dengan perkembangan teknologi metode bercerita dituangkan dengan bantuan media audio visual, sehingga pembelajaran dengan metode bercerita pada anak usia dini tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui media audio visual dapat mengembangkan kemampuan berbicara melalui media audio berbicara pada anak kelompok bermain usia 3- 4 tahun Paud Tunas Panji Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitiannya anak didik kelompok bermain PAUD Tunas Panji, yang terdiri dari 17 anak, di Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak anak didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik kelompok bermain PAUD Tunas Panji lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 58%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita dengan menggunakan media audio visual, pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 59%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 65%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penelitian yaitu 77%, Begitu pula dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan metode bercerita, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui metode bercerita dengan media audio visual dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan bantuan media audio visual sehingga dapat menarik dan menyenangkan anak. Kata Kunci : Mengembangkan Kemampuan Bahasa, Metode Bercerita, Media Audio Visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI