MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI MENGGUNAKAN TEKNIK DUSEL PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM TERPADU NURUL HUDA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
FILAUHIM MAHFUDH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0190
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran motorik halus di TK masih banyak mengalami kesulitan khususnya pembelajaran mewarnai. Akibatnya anak banyak yang mengeluh dan sering bertanya ketika diajak belajar mewarnai yang pada akhirnya hasil belajar tidak maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah melalui kegiatan mewarnai menggunakan teknik dussel dapat menggembangkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok A TK Islam Terpadu Nurul Huda Grogol Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Islam Terpadu Nurul Huda Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM-RPPH, lembar hasil karya siswa, lembar penilaian penugasan. Hasil prosentase dari pra tindakan 30%, siklus I 55%, siklus II 65%, dan siklus III 90%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan ditemukan adanya perkembangan yang lebih baik ketika anak-anak diajak belajar mewarnai menggunakan teknik dussel. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Pembelajaran mewarnai menggunakan teknik dussel lebih menarik dan lebih merangsang kepekaan, imajinasi anak dan kreatifitas anak. Guru sebaiknya selalu mencari media pembelaran alternatif agar pembelajaran di kelas lebih menarik dan mudah dipahami anak khususnya ketika belajar mewarnai.
Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Mewarnai, Menggunakan Teknik Dussel.