MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK PADA KELOMPOK B DI TK KUSUMA MULYA MOJOKEREP PLEMAHAN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BINTI MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0172

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca ada anak didik di TK masih perlu adanya pengembangan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan yang lebih menarik untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam metode fonik pada anak didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Kuuma Mulya Mojokerep Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri yang berjumlah 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, menggunakan instrumen Lembar observasi guru, RKH, dan RKM. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Membaca melalui metode fonik, kemampuan bahasa dalam membaca anak meningkat, ini di tandai dengan peningkatan ketuntasan belajar 55,18 %(kriteria 75 %) pada siklus Idan pada siklus II telah mencapai 82,76 % (kriteria 75 %) sehingga terjadi peningkatan sebesar 27,58 %.Data tersebut menunjukkan bahwa nilai anak telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa membaca melalui fonik dapat meningkatkan kemampuan bahasa dalam membaca dikatakan berhasil.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI