MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK PADA KELOMPOK B DI TK KUSUMA MULYA MOJOKEREP PLEMAHAN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
BINTI MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0172
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca ada anak didik di TK masih perlu adanya pengembangan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan yang lebih menarik untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam metode fonik pada anak didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Kuuma Mulya Mojokerep Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri yang berjumlah 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, menggunakan instrumen Lembar observasi guru, RKH, dan RKM.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Membaca melalui metode fonik, kemampuan bahasa dalam membaca anak meningkat, ini di tandai dengan peningkatan ketuntasan belajar 55,18 %(kriteria 75 %) pada siklus Idan pada siklus II telah mencapai 82,76 % (kriteria 75 %) sehingga terjadi peningkatan sebesar 27,58 %.Data tersebut menunjukkan bahwa nilai anak telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa membaca melalui fonik dapat meningkatkan kemampuan bahasa dalam membaca dikatakan berhasil.