MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN MEDIA BALOK ANGKA DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA LANGENHARJO KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
DINA YUNITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0162
Abstract
ABSTRAK
Masa kanak-kanak merupakan suatu periode pada saat individu mengalami perkembangan yang sangat pesat. . Banyak ahli menyebut periode ini sebagai golden age (masa emas) dalam kehidupan seseorang. Dalam aspek perkembangan kemampuan kognitif, khususnya dalam pengembangan kemampuan membilang, berarti merangsang anak untuk mengenali, memahami dan menggunakan simbol tertulis dari matematika atau berhitung.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka guru ingin melakukan penelitian tindakan kelas dengan perumusan masalah adalah “Apakah media balok angka dapat Mengembangkan Kemampuan kognitif dalam mengenal angka 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri?”. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya terdapat satu kali pertemuan dan setiap pertemuan terdapat empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa sebelum dilakukan tindakan ketuntasan belum tercapai. Anak yang mendapat bintang 4 belum tercapai pada siklus I hanya 60%. Setelah terjadi peningkatan pada Siklus II anak yang mencapai ketuntasan sebesar 73%, kemudian tindakan siklus III ketuntas anak mencapai 80%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Media Balok Angka pada kelompok A TK Dharma Wanita Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, hipotesis penelitian diterima.