MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN CONGKLAK PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA ASMOROBANGUN II KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
HENI RIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0161
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung pada anak-anak kelompok B TK Dharma Wanita Asmorobangun II Kabupaten KediriTahun Ajaran 2015/2016 masih rendah. Ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Guru biasanya hanya menerapkan jarimatika dan menggunakan lembar kerja tanpa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar sehingga anak kurang tertarik dan tentunya akan menghambat perkembangan berhitung anak.
Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan permainan congklak dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak-anak kelompok B TK Dharma Wanita Asmorobangun II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 21 anak kelompok B TK Dharma Wanita Asmorobangun II. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain Rencana Pelaksanaan PembelajaranMingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi untuk guru dan lembar penilaian untuk anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan permainan congklak dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuaberhitung pada anak Kelompok B TK Dharm Wanita Asmorobangun II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016. Ini terbukti dari prosentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 5%, siklus II sebesar 55% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitiaini peneliti menyarankan: kepada guru hendaknya dalam proses pembelajaran termasukdalam meningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan permainan yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasianak dalam peningkatan hasil belajar dalamkemampuan berhitung sehingga dapatberkembang secara optimal.