MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA XVIII KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NURITA UTFATIN AIMMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0158

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa perkembangan kemampuan membaca pada anak belum sepenuhnya terwujud. Rendahnya pencapaian pengembangan bahasa tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adanya metode pembelajaran yang kurang tepat, penggunaan alat atau media kurang maksimal. Anak belum sepenuhnya mengerti dan membedakan huruf dengan jelas, belum bisa membedakan huruf awal maupun suku awal dari suatu kata. Untuk itu dibutuhkan pengembangan yang lebih baik lagi untuk perkembangan anak dalam membaca. Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan membaca di TK Kusuma Mulia XVIII Kecamatan Pare Kabupaten Kediri pada anak kelompok B ditemukan adanya masalah yaitu anak-anak sulit memahami dalam mengenal suku kata awal yang hanya menggunakan media majalah. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat belajar, semangat dan kemampuan membaca anak dalam mengenal suku kata awal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Kusuma Mulia XVIII Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan jumlah 27 anak, terdiri dari 14 anak laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilaksanakan nilai perkembangan anak yang mendapat bintang 4 adalah siklus I sebesar 4%, siklus II 11%, dan siklus III sebesar 44%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tindakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia XVIII Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sudah mengalami peningkatan atau kemajuan dan penelitian dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Mulia XVIII Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI