MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA XVIII SUMBERBENDO PARE KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
BINTI ROHMATUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0157
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa perkembangan kemampuan sosial anak kelompok A TK Kusuma Mulia XVIII Sumberbendo Pare Kediri dalam berinteraksi social dengan teman belum berkembang sesuai harapan, ditemukan masalah sosial yaitu banyak anak yang belum mempunyai sikap peduli (mau berbagi dengan teman).
Rendahnya pencapaian pengembangan kemampuan sosial anak disebabkan oleh pembelajaran sosial yang sering dilakukan guru di kelas yaitu menggunakan metode bercerita sehingga anak menjadi bosan dan kurang semangat serta orang tua yang terlalu membatasi pergaulan anak dalam bermain dengan teman. Untuk itu dibutuhkan pengembangan yang lebih baik lagi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Kusuma Mulia XVIII Sumberbendo Pare Kediri dengan jumlah 20 anak, 8 laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Observasi 4) Refleksi. Instrumen dan teknik penilaian yang digunakan adalah lembar observasi dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil pengamatan, peningkatan persentase ketuntasan yang dicapai anak adalah persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 15 %, pada tindakan siklus 1 sebesar 55 % dan pada tindakan siklus II sebesar 80 %.
Kesimpulan penelitian ini adalah Kegiatan Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran dapat Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia XVIII Sumberbendo Pare Kediri.