PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA BOMBIK PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II JAMSAREN KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
LUSIHANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0120
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelompok A TK Aisyisyah BustanulAthfal II jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Aisyisyah Bustanul Athfal II jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri masih tergolong rendah karena pembelajaran yang dikuatkan oleh pendidik didalam TK Aisyisyah Bustanul Athfal II jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu pendidikan moral agama sehingga anak kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran tentang warna.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyisyah Bustanul Athfal II Jamsaren tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 15 anak, terdiridari 8 anak laki-lakidan 7 anak perempuan. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui adalah Apakah dengan menggunakan media bombik dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri?
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrument berupa, RPPM, RPPH, lembar observasi guru dan lembar penilaian anak.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pada tindakan siklus I hasil prosentase ketuntasan anak masih mencapai 55,3%, sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 69,6%, dan pada siklus III prosentase meningkat lagi sangat baik menjadi 82,14%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : (1) Bagi Guru pemanfaatan media bombik dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna. (2) Bagi orang tua sebaiknya menyediakan media pembelajaran media yang lain serta hendaknya selalu membimbing anak untuk belajar di rumah. (3) Bagi Lembaga untuk menambahkan media-media pembelajaran yang menarik, agar dalam kegiatan belajar anak merasa senang agar anak berkembang dengan baik seperti yang diharapkan.