PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL TERJADINYA SIANG DAN MALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN KOTAK LAMPU AJAIB PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULYA I KALIOMBO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

UMI FATIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0119

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa rendahnya kemampuan mengenal terjadinya siang dan malam anak didik pada kelompok A di TK Kusuma Mulya I Kaliombo Kota Kediri karena kurangnya konsentrasi anak pada saat di sekolah dan juga disebabkan pendekatan pembelajaran yang kurang menarik. Selain itu, dalam memberikan materi, komunikasi antara guru dan anak didik cenderung kurang hangat dan hanya terfokus pada terselesaikannya materi pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan mengenal terjadinya siang dan malam anak didik, peneliti mencoba membuat media yang menarik bagi anak, yaitu menggunakan media dengan nama kotak lampu ajaib agar anak-anak tertarik dan mudah memahami penjelasan peneliti. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan dalam pembelajaran metode eksperimen kotak lampu ajaib pada anak kelompok A TK Kusuma Mulya I Kaliombo Kota Kediri dapat meningkatkan kemampuan mengenal terjadinya siang dan malam anak didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Kusuma Mulya I Kaliombo Kota Kediri dengan jumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, Lembar Observasi Guru dan Anak, dan Lembar Penilaian Anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan kegiatan mengenal terjadinya siang dan malam melalui metode eksperimen kotak lampu ajaib dapat meningkatkan kemampuan kegiatan anak khususnya dalam bidang sains pada anak didik kelompok A TK Kusuma Mulya I Kaliombo Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Pada siklus I, prosentase ketuntasan belajar mencapai 46,67%, siklus II mencapai 73,33%, dan siklus III mencapai 86,67%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru TK hendaknya dalam pembelajaran menggunakan media/alat yang menarikdan mudah diingat; (2) Bagi orangtua hendaknya di rumah menyediakan fasilitas dan senantiasa membimbing, mengarahkan, dan mendampingi aktivitas anak dengan baik;(3) Bagi lembaga hendaknya menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan prestasi hasil belajar anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI