PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MERONCE ANEKA BUAH PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMAWANITA JAGUNG KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SRI WIDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0118

Abstract

ABSTRAK SRI WIDAYANI, Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Meronce Aneka Buah Pada Anak Kelompok A TK Dharmawanita Jagung Kec. Pagu Kediri, Skripsi,PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti didapatkan data bahwa dari 20 anak di Kelompok A TK Dharmawanita Jagung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, hanya 3 yang anak mendapatkan bintang 1, sedangkan 4 anak mendapat bintang 2, dan 5 anak mendapat bintang 3, sedangkan 8 anak mendapat bintang 4. Dari data ini, peneliti mengamati bahwa kemampuan anak dalam mengenal warna masih sangat kurang. Faktor penyebabnya adalah rendahnya minat anak karena kurangnya media yang menarik sehingga anak tidak tertarik dalam materi yang disampaikan. Selain itu, tidak ada dukungan dari orangtua untuk merangsang minat anak di rumah sehingga orangtua hanya menyerahkan pendidikan anak kepada guru di sekolah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui kegiatan meronce aneka buah dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Dharmawanita Jagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A TK Dharmawanita Jagung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur umum yang meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan. (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah RPPM, RPPH, lembar observasi guru, dan lembar observasi anak. Pemanfaatan kegiatan meronce dengan media buah-buahan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Dharmawanita Jagung. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah anak yang tuntas belajar dalam siklus I mencapai 45%, siklus II mencapai 65%, dan siklus III mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru untuk membangun kemampuan mengenal warna melalui kegiatan meronce. Lalu kepada kepala sekolah, dimohon untuk menyediakan pengadaan media buah – buahan, sehingga kegiatan meronce untuk meningkatkan mengenal warna dapat berjalan dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI