PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK SELODONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ANIK TRI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0117

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran motorik halus di TK PKK Selodono masih kurang berkembang. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode tanya jawab dan bercakap-cakap. Akibatnya suasana kelas monoton dan membosankan. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah yang lebih baik yaitu melalui kegiatan meronce. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah “apakah kegiatan meronce bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK PKK Selodono tahun pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di TK PKK Selodono, dengan subyek penelitian yaitu anak kelompok B sebanyak 26 anak didik. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yaitu, siklus I, siklus II, dan siklus III yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak didik, lembar observasi guru. Pada siklus I terdapat hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 27% dari 26 anak memenuhi kriteria ketuntasan dengan mendapat nilai BSH dan BSB, sedangkan pada siklus II hasilnya meningkat menjadi 58%, dan pada siklus III sebanyak 88% . Dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan meronce bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Selodono Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini disarankan: (1) Guru TK sebaiknya menyediakan media manik-manik bahan alam untuk menunjang kegiatan meronce, sehingga kemampuan motorik halus anak dapat berkembang dengan baik. (2) Bagi orang tua sebaiknya memberi motivasi anak dirumah dengan cara mengajak anak membuat maianan dengan bahan alam yang sesuai dengan perkembangan motorik halus anak. (3) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya perkembangan motorik halus ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan lain, misalnya melalui kegiatan kolase, melipat, membatik, menggunting dan lain-lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI