MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENDENGAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL LCD PROYEKTOR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SEMANDING PAGU KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MAMIK NURHAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0116
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya ketrampilan mendengar anak kelompok A TK Dharma Wanita Semanding hal ini berdasarkan pengamatan peneliti saat dibacakan cerita masih banyak anak yang belum berkonsentrasi. Hal ini kemungkinan karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan media audio visual LCD Proyektor dapat meningkatkan ketrampilan mendengar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Semanding Pagu Kediri tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan media audio visual LCD Proyektor dapat meningkatkan ketrampilan mendengar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Semanding Pagu Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakn dalam tiga siklus dengan menggunakan instrumen format unjuk kerja siswa dan format observasi guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual LCD Proyektor dapat meningkatkan ketrampilan mendengar anak hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis pada yang terus meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh hasil sebesar 60%, siklus II sebesar 68,33%, dan siklus III sebesar 84,16%. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian bahwa penggunaan media audio visual LCD Proyektor sangat efektif digunakan untuk meningkatkan ketrampilan mendengarkan karena media ini dapat menarik perhatian anak.