MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA KUBUS KREATIF PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PADANGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

HERWIN REIDHA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0115

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelajaran pengembangan kognitif, khususnya pelajaran berhitung masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kubus kreatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar, (2) apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kubus kreatif dapat meningkatkan motivasi belajar anak didik?, (3) apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kubus kreatif meningkatkan kemampuan berhitung anak didik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik TK Dharma Wanita Padangan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri sejumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan media kubus kreatif dapat ditemukan langkah-langkah yang bisa meningkatkan motivasi belajar berhitung pada anak didik dan meningkatkan hasil belajar anak didik, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan media kubus kreatif dapat meningkatkan motivasi, (3) melalui siklus pembelajaran dengan menggunakan media kubus kreatif dapat meningkatkan hasil belajar anak didik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Tujuan pokok penggunaan media media kubus kreatif adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak didik. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses pembelajaran yang mendukung terciptanya suasana berhitung yang menyenangkan, (2) Guru masih perlu mengembangkan lagi, apakah permainan kubus kreatif bisa digunakan untuk pengembangan kemampuan lain. Selain pengembangan kemampuan kognitif khususnya berhitung pada anak usia dini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI