MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MORAL ANAK DALAM MENGENAL PERILAKU SANTUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK. AL - HIKMAH DESA BANGSONGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

TATI MASLAMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0107

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan moral dalam mengenal perilaku santun beberapa anak kelompok A TK. Al-Hikmah Desa Bangsongan masih kurang baik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan moral anak antara lain: anak mau mengucapkan terima kasih, mau meminta maaf, mau bersedekah pada teman/orang lain. Secara khusus untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengembangan pembiasaan moral melalui penggunaan metode bercerita dengan media boneka tangan. Rumusan masalah pada penelitian adalah: apakah melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan moral anak dalam mengenal perilaku santun pada anak kelompok A TK. Al-Hikmah Desa Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK. Al-Hikmah Desa Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, yang berjumlah 20 anak didik terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; 4) refleksi. Data penelitian ini adalah data kemampuan moral anak dalam mengenal perilaku santun, instrument yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang telah ditetapkan, dan teknik analisis data yang digunakan adalh kwantitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: keaktifan perubahan perilaku anak tinggi yaitu 85% ( melebihi kriteria minimal, 75%). Berdasarkan analisis data perubahan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan moral anak dalam mengenal perilaku santun dalam proses belajar mengajar di TK. Al-Hikmah Desa Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Selain hal tersebut ada persepsi dan kesan anak didik yang signifikan terhadap penerapan/penggunaan metode bercerita dengan media boneka tangan. Selain itu juga, sekolah dan peneliti lain dapat menggunakan sebagai bahan kajian untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang perbaikan pembelajaran guna meningkatkan kwalitas belajar mengajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI