MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PERMAINAN KANTONG AJAIB DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PUCANGAN KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
FITROTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0105
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran bahasa aspek berbicara masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan bahasa anak yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media kantong ajaib dapat mengembangkan kemampuan bahasa aspek berbicara pada anak ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A Tk Dharma Wanita Pucangan Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.
Teknik pengumpulan data menggunakan istrumen lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru. Data ini dianalisis menggunakan data diskriptif kuantitatif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa permainan kantong ajaib dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Dharma Wanita Pucangan Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.
Berdasarkan simpulan dan saran penelitian ini untuk : a. Hendaknya permasalahan hasil belajar siswa yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tetap diperhatikan atau bahkan ditingkatkan lebih baik lagi. b. Pembelajaran dengan menggunakan permainan kantong ajaib mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak. c. Pihak sekolah hendaknya mendorong guru untuk melakukan kegiatan belajar inovatif sehingga berdampak positif dalam perkembangan siswa serta mengembangkan kemampuan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar