PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KOTAK PINTAR PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 PUCANGAN, KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
WITANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0104
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca permulaan pada kelom pok B TK Dharma Wanita I Pucangan masih didominasi oleh aktivitas klasikal yang menggunakan media papan tulis dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi ramai, anak asyik bermain sendiri, dan tidak memperhatikan guru. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok B TK Dharma Wanita I Pucangan, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui penggunaan media kotak pintar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sunjek penelitian siswa kelompok B TK Dharma Wanita I Pucangan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran membaca permulaan dengan media kotak pintar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajan dengan media kotak pintar adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan dengan kalimat sederhana. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kelas yang menaeik dan menyenangkan. (2) Guru perlu meneliti terus – menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran dengan media kotak pintar sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteritik siswa.