MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA KOTAK AJAIB PADA ANAK KELOMPOK B TK PLUS WAHIDIYAH KEC. PURWOASRI


Author (Penulis)

NANIK PRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0101

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kognitif merupakan salah satu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar matematika di masa tahapan awal perkembangannya yaitu dimasa pendidikan pra sekolah atau pendidikan Taman Kanak-kanak. Akan tetapi, berdasarkan hasil pengamatan awal di Kelompok B TK Plus Wahidiyah Kecamatan Purwoasri ditemukan bahwa anak masih kesulitan dalam mengklasifikasikan benda, dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran anak masih terlihat kurang aktif serta media yang digunakan kurang menarik minat anak. Oleh karena, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul” Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk geometri Melalui Kotak Ajaib Pada Anak Kelompok BTK Plus Wahidiyah Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri 2015/2016”. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Plus Wahidiyah Kecamatan Purwoasri yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui tindakan melalui penggunaan media kotak ajaib dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan bentuk geometri pada anak kelompok B TK Plus Wahidiyah Kecamatan Purwoasri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 58,33 % ketuntasan belajar belum sesuai harapan. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada siklus II. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 75 %. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak mencapai 82,50 % pada siklus ketiga ini . Prosentase ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik, maka penelitian ini berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media kotak ajaib dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan bentuk geometri pada anak kelompok B TK Plus Wahidiyah Kecamatan Purwoasri sehingga hipotesis dalam penelitian dapat diterima. Kata kunci: Kemampuan mengklasifikasikan benda geometri, media kotak ajaib.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI