MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN BOWLING PINTAR DI PAUD KUSUMA MULIA SUGIH WARAS KEDIRI
Author (Penulis)
NUR AMINARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0100
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA
MELALUI PERMAINAN BOWLING PINTAR
DI PAUD KUSUMA MULIA SUGIHWARAS KEDIRI
NUR AMINARSIH
12.1.01.11.0100
FKIP-PG PAUD
amnaqueen94@gmail.com
Dr. Zainal Afandi, M. Pd. dan Rosa Imani Khan, M.Psi.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan model pembelajaran Take And Give pada kemampuan siswa mendeskripsikan pesawat sederhana, Pengaruh penggunaan model pembelajaran Direct Intruction pada kemampuan siswa mendeskripsikan pesawat sederhana, dan Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame 3. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis).
Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa F hitung untuk indeks prestasi adalah 2.887 dengan probabilitas 0.002, dan nilai rata-rata kelas V-A yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (69,05) < 75 dan nilai kelas V-B dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give (80,23) > 75. Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana pada siswa kelas V.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Rerata kemampuan siswa mendeskripsikan pesawat sederhana yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) ? 75; (2) Rerata kemampuan siswa mendeskripsikan pesawat sederhana yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give ? 75; (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Take and Give dan Kemampuan Mendeskripsikan Pesawat Sederhana.