MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA WAYANG PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA SUGIHWARAS PURWOASRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
LULUK URFANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0097
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Sugihwaras masih kurang baik dan masih perlu adanya perbaikan dan pengembangan. Karena pada anak usia dini pengembangan kemampuan berbicara pada anak sangat perlu dan menentukan perkembangannya dimasa akan datang.
Permasalahan pada penelitian ini adalah : Apakah melalui penggunaan media wayang pintar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Sugihwaras Desa Pandansari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian pada anak didik kelompok B TK Kusuma Mulia Sugihwaras Purwoasri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan menggunakan instrumen lembar observasi guru, RPPM, RPPH dan lembar unjuk kerja.
Simpulan hasil penelitian ini adalah : Bahwa melalui media wayang pintar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Sugihwaras Purwoasri. Kemampuan berbicara anak meningkat, ini ditandai pada siklus I 42,85% yang dikategorikan kurang, siklus II meningkat 61,90% dan pada siklus III meningkat menjadi 80,95 % dan sudah mencapai kriteria ketuntasan sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata Kunci : Berbicara, Bercerita, Wayang Pintar.