MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KERETA ANGKA DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PEHWETAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ROBIATUL ADAWIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0096

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KERETA ANGKA DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PEHWETAN KABUPATEN KEDIRI ROBIATUL ADAWIYAH NPM : 12.1.01.11.0096 FKIP-PG PAUD Dr. ZAINAL AFANDI, M.Pd dan ROSA IMANI KHAN, M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Masa kanak-kanak merupakan suatu periode pada saat individu mengalami perkembangan yang sangat pesat Salah satu kegiatan yang perlu diberikan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak yaitu kegiatan mengenalkan angka-angka dengan membilang. Berdasarkan hasil observasi peneliti mengenai proses pembelajaran membilang diperoleh data dari 15 anak didik, hanya 4 anak yang mendapat nilai bintang 2, anak mendapat nilai bintang 3 sebanyak 3 anak, 7 anak mendapat nilai bintang 2 dan 3 anak yang mendapat bintang 1. Kondisi tersebut sering merisaukan guru Kelompok A TK Dharma Wanita Pehwetan. Perumusan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media kereta angka dapat mengembangkan kemampuan membilang angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Pehwetan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan penedekatan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklusnya terdapat satu kali pertemuan dan setiap pertemuan terdapat empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanakan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media kereta angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membilang anak pada kelompok A TK Dharma Wanita Pehwetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil dari tindakan Siklus I prosentase ketuntasan belajar anak sebesar 48% selanjutnya pada Siklus II sebesar 73% dan Siklus III sebesar 87%. Disarankan bagi pendidik agar dapat menggunakan media yang serupa (kereta angka) dalam upaya mengembangkan kemampuan membilang. Dan bagi orang tua untuk lebih memotivasi anak dalam kegiatan belajar khusunya berhitung. Bagi lembaga hendaknya menyediakan Alat Permainan Edukatif yang lebih baik sehingga anak termotivasi dan semangat dalam kegiatan belajar, bagi peneliti disarankan menggunakan media kereta angka dalam upaya pengembangan kognitif. Kata Kunci : Kemampuan membilang, media kereta angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI