MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KERETA ANGKA DI KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PEHWETAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
ROBIATUL ADAWIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0096
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KERETA ANGKA DI KELOMPOK A
TK DHARMA WANITA PEHWETAN KABUPATEN KEDIRI
ROBIATUL ADAWIYAH
NPM : 12.1.01.11.0096
FKIP-PG PAUD
Dr. ZAINAL AFANDI, M.Pd dan ROSA IMANI KHAN, M.Psi
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Masa kanak-kanak merupakan suatu periode pada saat individu mengalami perkembangan yang sangat pesat Salah satu kegiatan yang perlu diberikan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak yaitu kegiatan mengenalkan angka-angka dengan membilang. Berdasarkan hasil observasi peneliti mengenai proses pembelajaran membilang diperoleh data dari 15 anak didik, hanya 4 anak yang mendapat nilai bintang 2, anak mendapat nilai bintang 3 sebanyak 3 anak, 7 anak mendapat nilai bintang 2 dan 3 anak yang mendapat bintang 1. Kondisi tersebut sering merisaukan guru Kelompok A TK Dharma Wanita Pehwetan.
Perumusan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media kereta angka dapat mengembangkan kemampuan membilang angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Pehwetan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan penedekatan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklusnya terdapat satu kali pertemuan dan setiap pertemuan terdapat empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanakan, pengamatan, dan refleksi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media kereta angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membilang anak pada kelompok A TK Dharma Wanita Pehwetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil dari tindakan Siklus I prosentase ketuntasan belajar anak sebesar 48% selanjutnya pada Siklus II sebesar 73% dan Siklus III sebesar 87%.
Disarankan bagi pendidik agar dapat menggunakan media yang serupa (kereta angka) dalam upaya mengembangkan kemampuan membilang. Dan bagi orang tua untuk lebih memotivasi anak dalam kegiatan belajar khusunya berhitung. Bagi lembaga hendaknya menyediakan Alat Permainan Edukatif yang lebih baik sehingga anak termotivasi dan semangat dalam kegiatan belajar, bagi peneliti disarankan menggunakan media kereta angka dalam upaya pengembangan kognitif.
Kata Kunci : Kemampuan membilang, media kereta angka