MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-5 MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR BAJU PADA ANAK-ANAK 3-4 TAHUN DI PAUD KUSUMA MULIA SUGIHWARAS KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SITI MASROIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0094

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak didik usia 3-4 PAUD Kusuma Mulia Sugihwaras menemui kesulitan dalam hal mambilang angka 1-5.Penyebabnya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru lebih pada kegiatan membaca, menulis, dan hafalan, media pembelajaran yang digunakan guru tidak tepat dan kurang menarik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membilang 1-5 pada anak-anak usia 3-4 tahun PAUD Kusuma Mulia Sugihwaras Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/ 2016 menggunakan media miniatur baju. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak-anak usia 3-4 th PAUD Kusuma Mulia Sugihwaras Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri 2015/ 2016, yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.Penelitian ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) refleksi menggunakan instrument RPPM, RPPH, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan lembar penilaian anak didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : penggunaan media miniatur baju dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan membilang angka 1-5 pada anak-anak usia 3-4 tahun di PAUD Kusuma Mulia Sugihwaras Pandansari Tahun Pelajaran 2015/2016. Ini ditandai dengan meningkatnya prosentasi ketuntasan belajar anak, pada siklus I sebesar 46% dan pada siklus II mencapai 62 % dan siklus III telah mencapai 100 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan hendaknya guru PAUD untuk menggunakan media miniatur baju dalam mengembangkan kemampuan membilang angka 1-5 dan menggunakan media-media pembelajaran yang lebih menarik agar kognitif anak dapat berkembang dengan baik, bagi sekolah hendaknya lembaga menyediakan berbagai media pembelajaran yang menarik untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan baik, bagi orang tua diharapkan dapat membimbing belajar dirumah serta memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan belajar dirumah misalnya media miniatur baju. Kata Kunci : kemampuan membilang angka 1-5, media miniatur baju

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI