Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak-anak Kelompok B TK Pertiwi II Sukoharjo Kabupaten Nganjuk
Author (Penulis)
DEWI JULIA RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0078
Abstract
ABSTRAK
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak-anak Kelompok B1 TK Pertiwi II Sukoharjo Kabupaten Nganjuk
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di TK Pertiwi II Sukoharjo khususnya yang berhubungan dengan keterampilan berbicara masih berpusat pada guru, pembicaraan lebih banyak didominasi guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Sehingga hasil belajar anak juga rendah terutama dalam keterampilan berbicara.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan media boneka jari terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak kelompok B1 TK Pertiwi II Sukoharjo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan subyek penelitian anak-anak kelompok B1 TK Pertiwi II Sukoharjo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar kegiatan anak didik, lembar observasi penilaian, alat penilaian, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media boneka jari dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak-anak kelompok B1 TK Pertiwi II Sukoharjo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016.
Implikasi praktis hasil penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan pada satuan pendidikan PAUD lebih diutamakan pada pengembangan kemampuan dasar pembiasaan, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penggunaan media boneka jari terbukti dapat memenuhi tujuan tersebut. Maka guru-guru PAUD dapat menggunakannya dalam pembelajaran, dalam upaya meningkatkan penguasaan kemampuan dasar anak, khususnya dalam kemampuan berbicara anak.