MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA ULAT ANGKA MELAUI METODE BERMAIN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
FAIZ MARIA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0074
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri masih sangat rendah. Anak didik kurang tertarik terhadap pembelajaran berhitung. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum dapat berhitung 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan ulat angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri ? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 melalui Permainan Ulat Angka. Metode dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan ulat angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A di TK Dharma Wanita 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada: 1) Guru, untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti permainan ulat angka sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10, 2) kepala sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang lebih baik dan lebih banyak dalam permainan ulat angka.
Kata Kunci Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Kelompok A, Media Ulat Angka