MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN DAKON KREATIF PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA NGASEM KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
AFRIDA SRI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0072
Abstract
ABSTRAK
Dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri masih sangat rendah. Anak didik kurang tertarik terhadap pembelajaran berhitung. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum dapat berhitung 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan dakon kreatif dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngasem?
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 melalui Permainan Dakon Kreatif. Metode dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi proses pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan dakon kreatif dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.
Kata Kunci
Kemampuan Berhitung 1-10, Permainan Dakon Kreatif.