MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN DAKON KREATIF PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA NGASEM KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AFRIDA SRI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0072

Abstract

ABSTRAK Dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri masih sangat rendah. Anak didik kurang tertarik terhadap pembelajaran berhitung. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum dapat berhitung 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan dakon kreatif dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngasem? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 melalui Permainan Dakon Kreatif. Metode dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan dakon kreatif dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Kata Kunci Kemampuan Berhitung 1-10, Permainan Dakon Kreatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI