MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN MESIN BERPUTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BANGGLE KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

HENDA GESTI KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0070

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Tahun Pelajaran 2015/2016 masih rendah, hal ini disebabkan karena aktivitas fisik yang diberikan oleh guru kurang bervariasi, membuat anak didik juga kurang berminat dalam kegiatan motorik kasar dan kegiatan pembelajaran yang disajikan kurang memasukkan unsur permainan, sehingga kegiatannya monoton dan tidak menarik bagi anak. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah ”Apakah permainan Mesin Berputar dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 15 anak kelompok A TK Dharma Wanita Banggle yang terdiri dari 7 anak didik laki-laki dan 8 anak didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi guru dan lembar penilaian untuk anak. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa permainan Mesin Berputar dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Banggle Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak dari pra tindakan sebesar 20%, pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 26,67%, siklus II meningkat sebesar 53,33% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 86,67%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran kepada: 1) Kepala sekolah hendaknya dapat lebih membantu guru dalam menyediakan tempat atau halaman yang luas dalam menunjang peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak, 2) Guru TK, hendaknya dalam kegiatan pengembangan motorik kasar pada anak dilakukan dengan kegiatan permainan Mesin Berputar, karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak, 3) Bagi peneliti selanjutnya, untuk dapat membuat penelitian yang dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak melalui kegiatan permainan Mesin Berputar. Kata Kunci : fisik motorik kasar, permainan mesin berputar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI