MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BOLA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULYA BAKALAN 1 DESA BAKALAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

SITI NUR JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0062

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BOLA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULYA BAKALAN 1 DESA BAKALAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016 Siti Nur Janah 12.1.01.11.0062 FKIP PG PAUD Sitinu251044@gmail.com Dema Yulianto, M.Psi dan Anik Lestariningrum,MPd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilator belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan di saat mengenalkan angka pada anak Kelompok A TK Kusuma Mulya, Bakalan 1desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam membilang angka 1-10 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakakan kelas (PTK) dengan subyek penelitan anak Kelompok A TK Kusuma Mulya, Bakalan 1 desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015-2016. Yang berjumlah 20 anak didik dan yang belum mengenal angka 5 anak, anak didik terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangan dalam mengenal angka 1-10, indikator yang digunakan adalah pedoman Obsevasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dan teknik, analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Hasil penelitan ini adalah: melalui penggunaan media bola angka dapat meningkatkan pengembangan kemampuan berhitung 1-10 pada anak didik terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil prosentase pada Siklus I (56,25%) dan meningkat lagi pada Siklus II (67,5%) dan meningkat lagi pada Siklus III (77,5%). terus mengalami peningkatan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : hendaknya disarankan bagi teman sejawat yang mempunyai permasalahan yang sama bias menerapkan media bola angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak. Mengingat media bola angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak, hendaknya sekolah membantu menyediakan media bola angka dan benda-benda untuk berhitung agar tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar dapat terwujud. Kata Kunci : kognitif berhitung, media bola angka, paud.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI