MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA RODA HITUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK NURUL HUDA NGANJUK


Author (Penulis)

NOFI PRAFITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0061

Abstract

ABSTRAK NOFI PRAFITA SARI: Mengembangkan Kemampuan Berhitung 1-10 Menggunakan Media Roda Hitung Pada Anak KELOMPOK A TK Nurul Huda Nganjuk, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UN PGRI Kediri, Skripsi, 2016. Kata Kunci : kemampuan berhitung 1-10, media roda hitung. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di TK Nurul Huda khususnya yang berhubungan dengan mengembangkan kemampuan berhitung anak masih berpusat pada LKA (Lembar Kegiatan Anak). Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Sehingga hasil belajar anak juga rendah terutama dalam mengembangkan kemampuan berhitung. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan media Roda Hitung terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A TK Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 26 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa, RPPM, RPPH, lembar observasi guru dan lembar penilaian anak. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa prosentase pada kemampuan berhitung anak yaitu melalui tabel siklus I prosentase mencapai 23.07%, siklus II mencapai 30.76% dan siklus III mencapai 84.62%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media Roda Hitung dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/1016. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) Bagi guru agar menggunakan media yang menarik yaitu Roda Hitung untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10. (2) Bagi orang tua hendaknya membantu dalam usaha mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak. (3) Bagi sekolah hendaknya lebih menyediakan sarana dan prasaranayang lebih variatif untuk kegiatan pembelajaran anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI