MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN LEMPAR BOLA PADA ANAK KELOMPOK A2 TK DEWI SARTIKA KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AFRIDANI CHAESARIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0055

Abstract

ABSTRAK Dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di kelompok A2 TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, ditemukan fakta bahwa salah satu penyebab rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 di TK Dewi Sartika adalah kurangnya motivasi dari orangtua. Sehingga di sekolah anak kurang memperhatikan guru dan kurang semangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 melalui permainan lempar bola. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah permainan lempar bola dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 pada Anak kelompok A2 di TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?”. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah Mengetahui apakah kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak kelompok A2 dapat dikembangkan melalui permainan lempar bola di TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok A2 TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 anak terdiri dari 8 perempuan dan 6 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik penilaian dalam penelitian ini menggunakan teknik unjuk kerja, instrument dalam penelitian ini yaitu dengan RPPM, RPPH, instrument observasi anak dan guru. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan permainan lempar bola dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A2 TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian ketuntasan pada tindakan siklus I sebesar 28,57%, dan tindakan Siklus II sebesar 57,15%, sedangkan pada tindakan Siklus III sebesar 92,86%. Hasil tindakan setelah Siklus III melebihi kriteria ketuntasan 75%, maka hipotesis tindakan, diterima. Kata Kunci kemampuan kognitif, konsep bilangan 1-10, permainan lempar bola.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI