MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA HAND PUPPET PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN BUDI MULYA KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ADIN TRIASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0052

Abstract

Abstrak Adin Triastutik : Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Media Hand Puppet Pada Anak Kelompok Bermain Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di Kelompok Bermain Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dalam bidang pengembangan bahasa khususnya pada kemampuan berbicara masih banyak kesulitan. Kesulitan yang dialami anak ini disebabkan karena keterbatasan media pendukung yang ada. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data kemampuan berbicara anak Kelompok Bermain Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota kediri pada saat pra tindakan, melakukan tindakan penerapan metode bercerita dengan media hand puppet, mengumpulkan data kemampuan berbicara anak setelah tindakan, serta menganalisis ada tidaknya perubahan kemampuan berbicara anak Kelompok Bermain Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebelum dan sesudah tindakan. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah Apakah penerapan metode bercerita dengan media hand puppet dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak Kelompok Bermain Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok Bermain Budi Mulya Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi anak, dan lembar observasi guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berbicara anak pada pra tindakan masih sangat rendah yaitu dengan nilai ketuntasan 21,43%, (2) peneliti menerapkan metode bercerita melalui media hand puppet sebanyak tiga siklus, (3) kemampuan berbicara anak pada siklus I sebesar 28,57%, siklus II 57,14%, dan siklus III 92,14%, (4) kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan secara signifikan yaitu sebesar 70,71% atau dengan kata lain dari 14 anak hanya satu anak yang belum tuntas, jadi hipotesisnya diterima. Kata kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita, hand puppet.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI