MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-5 MELALUI MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN SANTA MARIA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

LUSIANA MEI SINTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0042

Abstract

Abstrak LUSIANA MEI SINTA 12.1.01.11.0042 : Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-5 Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Kelompok Bermain Santa Maria Kediri, Skrpsi, PG PAUD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan disaat mengenalakan angka pada anak Kelompok Bermain Santa Maria Kediri. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan pengenalan angka secara khusus mengetahui seberapa besar peningkatan anak dalam mengenal angka 1-5 melalui media pohon hitung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakakan kelas (PTK) dengan subyek penelitan anak Kelompok Bermain Santa Maria Kediri tahun ajaran 2015-2016. Yang berjumlah 15anak didik dan yang belum mengenal angka 10 anak didik terdiri dari 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangandalam mengenal angka 1-5, indikator yang digunakan adalah pedoman Obsevasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dan teknik, analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui teknik observasi dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitan ini adalah: penggunaan media pohon hitung dapat meningkatkan pengenalan angka pada anak terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil prosentase pada Siklus I (57,5%) dan meningkat lagi pada Siklus II (82,5%) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini di rekomendasikan : guru hendaknya lebih berkreasi dalam penggunaan media pohon hitung, sehingga akan lebih bermanfaat dan dapat mendorong minat anak agar tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Pembelajaran dengan menerapkan kegiatan media pohon hitung dapat mengembangkan kemampuan akan mengenal angka pada anak. Pihak sekolah hendaknya menyediakan alat pembelajaran yang beragam, misalnya : karpet angka, balok angka, atau puzzle angka. Kata Kunci : keampuan mengenal angka 1-5, media pohon hitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI