MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN HASIL PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA DADU PINTAR MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA ANAK KELOMPOK B TK YBPK SIDOREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRITAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FETI SIH MAHANANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0041

Abstract

ABSTRAK FETI SIH MAHANANI: Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Hasil Penjumlahan melalui Media Dadu Pintar menggunakan Metode Bermain pada Anak Kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan pada anak kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 masih rendah. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui media dadu pintar menggunakan metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan anak kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian 21 anak kelompok B TK YBPK Sidorejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi untuk guru, dan lembar penilaian untuk anak didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media “Dadu Pintar” dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan pada anak kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak didik, dapat dilihat dari prosentase rata-rata kebenaran anak dalam menyebutkan hasil penjumlahan melalui media dadu pintar yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 66%, siklus II sebesar 73%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 83%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada pendidik hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam meningkatkan kemampuan menyebutkan hasil penjumlahan anak menggunakan media yang menarik sehingga anak tidak mudah bosan dan kemampuan anak juga dapat berkembang secara optimal. Serta hendaknya kepala sekolah memotivasi pendidik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas apabila ada hambatan yang ditenui dalam proses pembelajaran yang nantinya juga bermanfaat untuk pengembangan profesionalisme guru yang bersangkutan dan peningkatan hasil belajar anak didik. Kata Kunci: Kemampuan Menyebutkan Hasil Penjumlahan, Media Dadu Pintar, Anak TK

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI