MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGURUTKAN ANGKA 1-5 MELALUI PERMAINAN TAKE NUMBER PADA ANAK KELOMPOK B KB AL-AMANAH KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BETTI SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0039

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada anak kelompok B KB AL-AMANAH Kota Kediri masih banyak yang belum mampu dan kurang aktif dalam kegiatan mengurutkan angka. Artinya masih perlu adanya bimbingan atau arahan dari guru khususnya upaya meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1-5 pada anak kelompok B KB AL–AMANAH Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan tersebut melalui kegiatan permainan Take Number. Permasalahan peneliti adalah apakah melalui penggunaan permainan Take Number dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1–5 pada anak kelompok B KB AL–AMANAH Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ?. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B KB AL-AMANAH Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa, RPPM, RPPH, lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Dalam mengumpulkan data kemampuan mengurutkan angka 1–5 dilakukan pada anak kelompok B KB AL–AMANAH Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan 20 anak, terdiri dari 7 anak laki – laki dan 13 anak perempuan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa prosentase pada kemampuan mengurutkan angka 1–5 anak yaitu melalui table dari Pra Tindakan prosentase sebesar 30%, siklus I prosentase mencapai 35%, siklus II mencapai 55%, dan siklus III mencapai 85%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan permainan Take Number dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1–5 pada anak kelompok B KB AL–AMANAH Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 dan mengalami perubahan yang sangat baik dari siklus I, siklus II, ke siklus III. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan (1) Bagi guru KB untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1–5 pada anak kelompok B KB AL–AMANAH menggunakan permainan yang lebih variatif, (2) Bagi Kepala Sekolah KB hendaknya memberikan media atau permainan yang lebih inovatif untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1–5 pada anak kelompok B KB AL–AMANAH Kecamatan Pesantren Kota Kediri sehingga anak lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu permainan yang terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1–5 adalah permainan Take Number. Kata Kunci : Mengurutkan Angka 1–5, Number Take.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI