HUBUNGANGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA HATI CERDAS KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ELIP MUYASAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0028

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti tentang kemampuan sosial emosional anak yang masih rendah. Hal ini dapat diamati dari hasil observasi perilaku anak ketika berada disekolah. Aspek sosial emosional merupakan salah satu aspek yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Keberhasilan anak dalam mencapai tugas perkembangan sesuai dengan tahapannya didukung oleh beberapa faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor diantaranya yang sangat berpengaruh pada anak adalah pola asuh orang tua. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah hubungan pola orang tua dengan kemampuan sosial emosional anak kelompok A TK Mutiara Hati Cerdas Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016.? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif analitik dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Mutiara Hati Cerdas Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua dan pencatatan dokumen dari guru kelas. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment pearson dengan software SPSS versi 16.00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 dengan N= 13 subjek, bahwa nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari nilai ? yaitu 0,01. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: “ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosial emosional anak kelompok A TK Mutiara Hati Cerdas Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) maka untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak, pihak sekolah diharapkan kerjasamanya dengan orang tua lebih diintensifkan, (2) bagi orang tua, hendaknya merubah pola asuh yang kurang baik menjadi lebih baik lagi agar perkembangan anak khususnya dalam aspek kemampuan sosial emosional dapat berjalan dengan optimal Kata kunci: pola asuh orang tua, kemampuan sosial emosional.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI