MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA TELEVISI PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUNG II KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
TITIK ICMA HARDIYANTI RUKMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0018
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA
MENGGUNAKAN MEDIA TELEVISI PINTAR
PADA ANAK KELOMPOK B
TK BHARMA WANITA KEPUNG II
KABUPATEN KEDIRI
TITIK ICMA HARDIYANTI RUKMANA
12.1.01.11.0018
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri
ABSTRAK
TITIK ICMA H.R : Meningkatkan Kemampuan Permulaan Membaca Menggunakan Media Televisi Pintar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepung II Kabupaten Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : kemampuan permulaan membaca, media televisi pintar.
Penelitian ini di latarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa pembelajaran permulaan membaca di TK masih kurang efektif dan belum berjalan sesuai harapan. Akibatnya suasana kelas monoton dan anak kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut nampak ketika anak-anak diminta untuk membaca kata di depan kelas tetapi mereka tidak mau membacanya, motivasi belajar anak rendah dan hasil pembelajaran yang dicapai pun rendah.
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Media Televisi Pintar Dalam Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Permulaan Membaca Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepung II Tahun Ajaran 2015/2016?”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepung II Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media televisi pintar terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di kelompok B TK Dharma Wanita Kepung II Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan menggunakan media ini anak akan menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Tentunya dengan menggunakan beberapa tahap, yaitu melalui tahapan siklus I, siklus II dan siklus III. Dengan perolehan hasil pada siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 6 anak (37,5%), siklus II sebanyak 9 anak (59,25%), dan siklus III sebanyak 14 anak (87,5). Sehingga dapat dilihat bahwa pada tahapan persiklus mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan serta keberhasilan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru, diharapkan mampu berpikir kreatif, inovatif dan cerdas untuk membuat prembelajaran lebih menyenangkan. (2) Bagi orang tua, diharapkan mampu memberikan bantuan untuk mengenalkan huruf kepada anak. (3) Bagi kepala
sekolah, agar memberikan sarana dan prasarana yang memadai untuk membantu mempermudah pembelajaran pada anak.