MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA SMART-TRUCK PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA WATES KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
EVA SHOFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0016
Abstract
Abstrak
EVA SHOFIANA. 12.1.01.11.0016 : Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Media Smart-Truck pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Wates Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di TK Dharma Wanita Wates dalam bidang pengembangan kognitif khususnya pada konsep berhitung permulaan masih banyak kesulitan. Kesulitan yang dialami anak ini disebabkan karena keterbatasan media pendukung yang ada. Selain itu metode yang dilakukan oleh guru kelas juga cenderung masih bersifat ceramah sehingga anak kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Wates yang berjumlah 15 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi anak, teknik penilaian/teknik pengumpulan data
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan media smart truck dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Wates meningkat. (2) Penerapan media smart truck pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Wates akan menambah wawasan guru dalam memilih media yang tepat diterapkan di kelas dan disesuaikan dengan tujuan dari setiap pembelajaran yang diadakan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media smart truck dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK Dharma Wanita Wates, untuk itu disarankan bagi guru-guru yang mempunyai permasalahan yang sama bisa menerapkan media smart truck untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak. (2) Hendaknya sekolah membantu menyediakan media smart truck dan benda-benda untuk berhitung agar tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar dapat terwujud. (3) Bagi peneliti lain atau bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan referensi dan bisa menyempurnakan media smart truck ini, yang lebih menarik untuk digunakan anak bermain sambil belajar, belajar seraya bermain
Kata kunci: berhitung permulaan, media smart truck, anak usia dini