MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANCINGBAJU PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AZZAHRO JONGBIRU KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

INDAH RUSMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0015

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANCINGBAJU PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AZZAHRO JONGBIRU KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 INDAH RUSMAYANTI Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. K.H. Acahmad Dahlan No. 76 Kediri 64110 Telp. (0354) 776706 ABSTRAK Tujuan dari penelitian peningkatan kemampuan secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-20 melalui penggunaan media kancing baju pada Anak Kelompok B. Penelitian ini merupakan salah satu upaya yang di tempuh oleh peneliti untuk meningkatkan pemahaman anak tentang bilangan 1-20 yang di laksanakan dengan berbagai kegiatan disesuaikan dengan tema pembelajaran. Lokasi penelitian berada di PAUD AZ-ZAHRO Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri .Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan kolaborator adalah teman sejawat. Hasil pelaksanaan kegiatan mengenal konsep bilangan 1-20 melalui penggunaan media kancing baju menunjukkan bahwa anak mulai mampu menghitung kancing baju, menambahkan jumlah kancing baju,dan mengurutkan jumlah kancing baju sesuai dengan tema pembelajaran..Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut dapat mencapai ketuntasan. Adapun siklus I prosentase ketuntasan sebesar 56,25%,siklus II sebesar 73,41%, dan siklus III sebesar 81,25%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran mencapai ketuntasan. Selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung interaksi antara guru dengan anak dapat ditingkatkan dengan memberi bimbingan, motivasi dan reward, hal ini bertujuan agar tingkat ketelitian dan ketepatan dalam mengenal konsep bilangan 1-20 dapat optimal serta dengan penggunaan media kancing baju yang variatif dapat tercipta suasana yang menyenangkan sehingga memudahkan pengembangan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-20. Disarankan bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini khususnya PAUD Azzahro dapat menggunakan media kancing baju untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-20 ataupun menggunakan media-media pembelajaran yang menarik dan inovatif agar kemampuan kognitif anak dapat berkembang dengan baik.2. Bagi kepala sekolah hendaknya menyediakan atau memfasilitasi kegiatan belajar dengan berbagai media pembelajaran yang menarik, sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan enam aspek pengembangan yang ada di Lembaga PAUD.Bagi Peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat di gunakan sebagai rujukan bagi peneliti lain yang sedang mengadakan penelitain sejenis. Kata kunci : kognitif, konsep bilangan 1-20, media kancing baju, paud

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI