MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MENGGUNAKAN SOFTWARE MIXED COLORING APPLICATION PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA MEKAR SARI 2 KELURAHAN CAMPUREJO KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


Author (Penulis)

TAUDHIKHUL ADILLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0007

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa anak dalam proses pembelajaran kognitif terutama dalam mengenal warna masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan mengenal warna pada anak sebelum menggunakan software Mixed Coloring Application, untuk melakukan tindakan penerapan menggunakan software Mixed Coloring Application, untuk mengumpulkan data tentang kemampuan anak setelah menggunakan software Mixed Coloring Application, serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengenal warna pada anak sebelum, selama dan sesudah menggunakan software Mixed Coloring Application. Rumusan masalah pada penelitian adalah: Apakah melalui penggunaan software Mixed Coloring Application dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada siswa Kelompok A di TK DHARMA WANITA MEKAR SARI 2 Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/ 2016 ?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelompok A TK DHARMA WANITA MEKAR SARI 2 Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Yang berjumlah 20 anak didik terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik penugasan. Hasil perolehan belajar anak didik dalam mengenal warna pada pra tindakan 40%, hal ini masih jauh dari kriteria ketuntasan sehingga diadakan penelitian. Pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak didik 50%. Oleh karena itu, perlu diulang pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 60%, tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar anak sehingga perlu adanya kegiatan lanjutan pada siklus III. Pada siklus III ketuntasan anak meningkat menjadi 80%. Nilai pada hasil siklus III ini sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan yaitu di atas 75%, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kegiatan bermain menggunakan software Mixed Coloring Application dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK DHARMA WANITA MEKAR SARI 2 Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/ 2016, sehingga hipotesis diterima Kata Kunci: Mengenal, Warna, Mixed Coloring Application.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI