Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Melengkapi Kalimat yang belum selesai Berdasarkan Gambar pada Siswa Kelas 1 SDN Jogomerto 1 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

UMU NIHAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0491

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menulis siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih banyak siswa mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini dikarenakan metode mengajar yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode konvensional berupa ceramah sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya upaya untuk memperbaiki mutu dan kualitas dalam suatu proses pembelajaran dengan mengembangkan metode pembelajaran yang salah satunya adalah dengan menggunakan metode demonstrasi.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat yang belum selesai sebelum digunakan metode demonstrasi? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar setelah digunakan metode demonstrasi? (3) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar?

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan ini sebagai berikut: (1) Mengetahui kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar sebelum diterapkan metode demonstrasi pada kelas I SDN Jogomerto I Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Mengetahui kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat yang belum selesai setelah diterapkan metode demonstrasi pada kelas I SDN Jogomerto I Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui perbedaan antara sebelum dan setelah menggunakan metode demonstrasi terhadap kemampuan siswa melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar sebelum diterapkan metode demonstrasi pada kelas I SDN Jogomerto I Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I pada SDN Jogomerto 1 Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 20 siswa, dengan teknik sampel total sampel maka jumlah sampel sama besar dengan jumlah populasi. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar sebelum menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas I SDN Jogomerto I Kabupaten Nganjuk di bawah KKM 70 (2) Kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar setelah menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas I SDN Jogomerto I Kabupaten Nganjuk di atas (KKM) 70 (3) Terdapat pengaruh setelah menggunakan metode demonstrasi terhadap kemampuan kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar pada siswa kelas I SDN Jogomerto I Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: metode demonstrasi, kemampuan melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

 

 


Keyword

Metode Demonstrasi, Kemampuan Melengkapi Kalimat yang Belum Selesai Berdasarkan Gambar

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Kosahih, 2012. Dasar-Dasar Kete-rampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2014. Metodologi Penelitian Pendidi-kan. Yogyakarta: Gava Media.

Resmini, Novi. 2006. Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajaramya. Bandung: Upi Press.

Roestiyah. 2008. Stratesi Belajar Memgajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008, Meulis sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade