PENGARUH METODE DRILL DIDUKUNG MEDIA GARIS BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SDN GEMPOL KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

TITIS WAHYU UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0489P

Abstract

ABSTRAK TITIS WAHYU UTAMI: Pengaruh Metode Drill Didukung Media Garis Bilangan Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, Skripsi, Program Studi S-1 PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Berdasarkan dari pengamatan dan wawancara dengan beberapa siswa di SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, ternyata dalam pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga kurang menarik siswa. Hal ini disebabkan karena saat pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat berlangsung, guru mendominasi kelas sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif, hasil belajar kurang maksimal dan nilai yang dicapai banyak dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini terbukti dari hasil UTS diperoleh informasi ada 63% siswa gagal mencapai KKM. Hal ini tentu sangat jauh dari Ketuntasan Klasikal yang diharapkan yaitu 75%. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran bilangan bulat diperlukan metode dan media pembelajaran yang tepat (metode drill didukung media garis bilangan) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik Pre test – Post test Control Group Desain. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu Kelas V A SDN Gempol sebagai kelompok eksperimen yang dibandingkan dengan siswa Kelas V B SDN Gempol sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Metode drill didukung media garis bilangan berpengaruh terhadap kemampuan operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti bahwa thitung (6,249) > ttabel 1% (2,845), dengan ketuntasan klasikal 83,33%. (2) Metode drill tanpa didukung media garis bilangan berpengaruh terhadap kemampuan operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti bahwa thitung (4,515) > ttabel 1% (2,819), dengan ketuntasan klasikal 52,83%. (3) Ada perbedaan pengaruh metode drill didukung media garis bilangan dibanding metode dril tanpa didukung media garis bilangan terhadap kemampuan operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk dengan keunggulan pada penggunaan metode drill didukung media garis bilangan. Hal ini terbukti bahwa thitung (3,522) > ttabel 1% (2,698), dengan perbandingan nilai mean Kelompok Eksperimen 83,24 > mean Kelompok kontrol 74,78. Kata kunci : metode drill, media garis bilangan, operasi hitung campuran, bilangan bulat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI