PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYEBAB BENDA BERGERAK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I SDN TEMPURAN I KECAMATAN NGLUYU TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

SULASNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0486P

Abstract

ABSTRAK SULASNI : Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Penyebab Benda Bergerak Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 1 SDNTempuran 1 Kecamatan Ngluyu Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan banyak siswa yang tidak paham dengan materi yang disampaikan. Ini menyebabkan siswa tidak aktif bertanya apabila belum mengerti dan tidak mampu menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan. Selain itu minat belajar siswa juga rendah. Berbagai permasalahan tersebut menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan dari 10 siswa, 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM. KKM yang ditentukan untuk mata pelajaran IPA adalah ( 75,00 ). Beberapa siswa belum belajar sampai tingkat pemahaman, sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari rendahnya nilai prestasi siswa karena siswa tidak mau bertanya dan metode pembelajaran harus diperbaiki. Akibatnya suasana kelas yang menonton , pasif dan tidak percaya diri. Hal tersebut nampak dari rendahnya nilai hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi penyebab benda bergerakpada siklus 1 dan 2 siswa kelas 1 SDN Tempuran 1 ; dan (2) untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi penyebab benda bergerak pada siswa kelas 1 SDN Tempuran 1 Kecamatan Ngluyu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas 1 SDN Tempuran 1. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus .Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes , sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah mencari nilai rata-rata. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan menidentifikasi penyebab benda bergerak dengan metode demonstrasi pada siswa kelas 1 SDN Tempuran 1, pada siklus 1 dengan nilai rata rata 71.50, mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 82.50. Peningkatan kemampuan hasil belajar ini diasumsikan merupakan akibat dari perlakuan yang diberikan pada siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. (2) metode demonstasi dapat meningkatkan kemampuan mengidenifikasi penyebab benda bergerak pada siswa kelas 1 SDN Tempuran 1 Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk Kata kunci : metode demonstrasi, kemampuan mengidentifikasi, benda bergerak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI