PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN PERISTIWA ROTASI BUMI, REVOLUSI BUMI DAN REVOLUSI BULAN DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VI SDN BANYAKAN 1 TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

SUKAMTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0485

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa, nilai kemampuan siswa kelas VI SDN Banyakan 1 dalam mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan masih kurang. Hal ini dapat ditunjukkan dari 25 siswa, hanya 10 siswa (40%) di atas KKM, dan 15 siswa (60%) mendapatkan nilai di bawah KKM. KKM pada mata pelajaran IPA adalah (75).
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan pada siklus 1 siswa kelas VI SDN Banyakan 1 dengan model Quantum Teaching? 2) Bagaimana hasil belajar mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan dengan menggunakan model Quantum Teaching pada siklus 2 siswa kelas VI SDN Banyakan Kec. Banyakan Kab. Kediri? 3) Apakah model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bum, dan revolusi bulan siswa kelas VI SDN Banyakan 1?
Subyek penelitian ini siswa kelas VI SDN Banyakan I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri yang berjumlah 25 siswa. Prosedur penelitian berupa suatu siklus yaitu menggunakan siklus I dan siklus II. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif berupa hasil belajar kognitif, dianalisis dengan menentukan presentasi ketuntasan belajar dan mean (rata-rata) kelas.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar materi rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan dengan menggunakan model quantum teaching pada siswa kelas VI di SDN Banyakan 1 pada siklus I, belum mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 55, dari jumlah 25 siswa, hanya 3 siswa yang berhasil mencapai KKM sedangkan 22 siswa belum mencapai KKM, sehingga prosentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 12%. 2) Hasil belajar materi rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan dengan menggunakan model quantum teaching pada siswa kelas VI di SDN Banyakan 1 pada siklus II, sudah mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 89, dari jumlah 25 siswa, 24 siswa yang sudah mencapai KKM, sedangkan 1 siswa yang belum mencapai KKM, dengan prosentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 96%. 3) Model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA materi rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan siswa kelas VI SDN Banyakan 1, sudah mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I dari 55 (Belum Tuntas) menjadi 89 (Tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil temuan tersebut, model pembelajaran quantum teaching dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar termasuk dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan.


Keyword

HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN PERISTIWA ROTASI BUMI, REVOLUSI BUMI DAN REVOLUSI BULAN, MODEL QUANTUM TEACHING

Reference

Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nuryani R,. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2014. Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP. Jakarta: Kecana.
Vera, Jayanti. 2009. Pengaruh Pembelajaran Quantum Teching terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMPN Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.
Wiratmaja, Rochiati, 2015. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade