PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN DADAPAN 2 KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
PUPUT YULIARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0479P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas IV SD pada materi menjumlahkan pecahan masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan di dominasi pada peran guru. Hal ini dibuktikan penggunaan metode ceramah yang tidak variatif sering dilaksanakan dalam setiap pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran selalu membosankan sehingga hasil belajarpun juga rendah.
Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan :(1) Mendiskripsikan kemampuan menjumlahkan pecahan sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 (2) Mendiskripsikan kemampuan menjumlahkan pecahan setelah menggunakan model Quantum Teaching siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 (3) Mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tehadap kemampuan menjumlahkan pecahan siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal isian.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%.
Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan menjumlahkan pecahansebelum menggunakan model Quantum Teaching siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 51,3 dan perolehan data semua siswa dibawah standar KKM; (2) Kemampuan menjumlahkan pecahansetelah model pembelajaran Quantum Teaching siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016dinyatakan menguasai atau berhasil. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 87 dan perolehan data siswa dapat mencapai standar KKM; (3) Ada Pengaruh modelpembelajaranQuantum Teaching terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan siswa kelas IV SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Hal tersebut berdasarkan perolehan dari signifikan (0,00< 0,05).