PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH PECAHAN KE BENTUK PERSEN DAN DESIMAL SERTA SEBALIKNYA DENGAN METODE BERMAIN SISWA KELAS V SDN KARANGREJO I KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
PRASIWI FEMILAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0478P
Abstract
ABSTRAK
Matematika selain sebagai sumber dari ilmu yang lain juga merupakan sarana berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kenyataannya, rata-rata kemampuan belajar matematika siswa pada kompetensi dasar mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya di SDN Karangrejo I Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri masih di bawah KKM yang ditentukan. Hal itu disebabkan proses pembelajaran cenderung teacher-centered, untuk itulah diperlukan metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan metode bermain. Hal ini dikarenakan dunia anak tidak dapat lepas dari permainan. Diharapkan dengan metode ini, siswa belajar dalam waktu yang bersamaan siswa juga menikmatinya.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengungkapkan kemampuan mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya dengan metode bermain; (2) untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya dengan penerapan metode bermain.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes untuk mengumpulkan data kemampuan siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keefektifan proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode bermain dapat dapat mengoptimalkan peran serta guru, peran serta siswa dan kemampuan mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya. Hasil kemampuan mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya pada siklus I mencapai 74,17 dan mencapai 82,23 pada siklus II. Dengan penerapan metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa sebesar 8,06.