PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAMPAK PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN SIDOWAREG KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ILA TRI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0472

Abstract

Berdasarkan dari hasil di  kelas 4 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sidowareg, hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA dibawah KKM. Hal ini disebabkan masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah  senhingga peserta didik mengaku sangat jenuh saat pelajaran berlangsung. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik diperlukan metode pembelajaran yang tepat (metode Numbered Head Together) sehingga pembelajaran lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini  adalah  (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh metode NHT berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik. (2) mengetahui  ada tidaknya  pengaruh metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik. (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh antara menggunakan metode NHT dibanding metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B SDN Sidowareg. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) penggunaan metode NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti bahwa thitung (8,917) > ttabel 1% (2,552), dengan ketuntasan klasikal 88,95%. (2) penggunaan metode ceramah tidak berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti bahwa thitung (1,619) < ttabel 5% (1,725), dengan ketuntasan klasikal 38,81%. (3) Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan antara penggunaan metode NHT dibanding metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi dampak perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN  Sidowareg Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri dengan keunggulan pada penggunaan metode NHT. Hal ini terbukti bahwa thitung (5,563) > ttabel 1% (2,429), dengan perbandingan nilai mean Kelompok Eksperimen 85,47  > mean Kelompok kontrol 71,43.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Pe-nelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Laila,Alfi Riske Nuralita Lingga Dewi .2015. Pengaruh Metode Make A Match Dengsn Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti Kebhinekaan Siswa Kelas III SDN Purwodadi Kec. Kras Kab. Kediri Tahun Ajaran 2015 (Online).Vol 2.No. 2. http://ojs.unpkediri.ac.id /index.php/pgsd/article/view/213/138.diakses 18 juli 2015

Sugiharto. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R &D.Bandung : Alfa Beta

Trianto. 2010. Model-Model Pem-belajaran Inovatif Berorientasi Konstruk-tivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI