PENGARUH MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SDN DADAPAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018-2019


Author (Penulis)

HARI MASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0469

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat siswa kelas V SDN Dadapan masih rendah. Buktinya dari hasil ulangan 75% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode lama atau konvensional yaitu ceramah dan tidak variatif dalam proses pembelajaran, guru lebih dominan atau aktif daripada siswa, sehingga siswa terkesan pasif, kurang berminat daripada menyimak materi dari guru. Salah satu media pembelajaran yang dapat mengembangkan daya imajinasi siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah media audio. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan menggunakan media audio di kelas V SDN Dadapan 1 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018-2019?. 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan pembelajaran langsung di kelas V SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018-2019?. 3) Adakah pengaruh penggunaan media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat siswa kelas V SDN Dadapan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018-2019?. Teknik penelitian menggunakan teknik eksperimen dengan desain posttest-only control group dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini siswa kelas V SDN Dadapan 1 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes dengan bentuk soal uraian sebanyak 10 soal dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan menggunakan media audio pada siswa kelas V SDN Dadapan 1 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018-2019, mencapai > KKM 75. Dengan nilai rata-rata posttest adalah 86,2. 2) Kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan pembelajaran langsung pada siswa kelas V SDN Dadapan 2 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018-2019, belum mencapai KKM 75. Dengan nilai rata-rata posttest adalah 72,4. 3) Ada pengaruh penggunaan media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Dadapan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018-2019. Dengan nilai thitung 5,5 ? ttabel 2,009 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Kata kunci: Media Audio, Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Rakyat.

Keyword

media audio, kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat

Reference

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas. Sadiman, Arief S. 2015. Media Pendi-dikan, Pengertian, Pengembang-an, dan Pemanfaatannya. Jakar-ta: Rajawali Press. Sugiyono, 2013. Metodelogi Peneliti-an Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: C V Wacana Prima.

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade